18 December 2016

'Memerah Darah Suriah': Aksi Solidaritas Kemanusiaan Untuk Suriah



Pagi tadi saya menyempatkan diri pergi ke Car Free Day Jakarta. Di sana saya bertemu dengan aksi damai peduli Suriah yang diselenggarakan oleh organisasi kemanusiaan ACT.

Selain orasi kemanusiaan, aksi damai ini juga diisi dengan kegiatan pengumpulan dana untuk membantu korban bencana perang di Suriah. Dan dari apa yang saya lihat, bantuan yang terkumpul sepertinya akan difokuskan untuk membantu saudara-saudara kita yang berada di Aleppo.




Saya ikut senang melihat antusiasme para relawan yang sedari pagi begitu bersemangat menyelenggarakan acara ini. Saya pun salut dengan adik-adik yang terlibat di aksi teatrikal. Mereka rela berlama-lama rebahan di jalan untuk menggambarkan kondisi hidup rakyat Suriah yang hancur porak-poranda karena perang.

Saya hanya bisa membayangkan betapa tidak nyamannya rebahan di jalan seperti itu. Apalagi semakin siang semakin panas kondisi jalannya. Namun saya yakin mereka tetap bertahan karena didorong oleh rasa kemanusiaan dan keikhlasan hati untuk bisa menolong sesama.




Untuk pengumpulan dana, para relawan disebar di sejumlah titik sekitar bundaran Hotel Indonesia. Jumlah mereka beragam, tapi dari apa yang saya lihat, rata-rata berjumlah tiga orang per timnya.

Setiap tim membawa kotak sumbangan yang sudah dilabeli untuk memudahkan para pemberi donasi. Karena selain Suriah, dana yang terkumpul juga untuk membantu mereka yang berada di Aceh dan juga muslim Rohingya.








Saya tidak tahu apakah sudah ada media yang meliput aksi solidaritas ini. Karena sampai ditulisnya posting ini, saya masih belum menemukan liputan beritanya dimanapun. Mudah-mudahan ada yang meliput dan bisa secepatnya diterbitkan agar aksi kemanusiaan ini bisa lebih jauh gaungnya. Update: Republika sudah memuat kegiatan ini dalam kolom Republika Inpicture.

Jika Anda ingin menyalurkan donasi atau ingin berpartisipasi menjadi relawan, silakan kunjungi situs ACT di http://act.id. Di sana Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar kegiatan ACT.

Berikut adalah poster yang saya ambil dari akun Twitter ACT tentang aski 'Memerah Darah Suriah'.




 

No comments:

Post a Comment