04 January 2017

Tips Berkunjung ke RS Hermina Jatinegara

RS Hermina Jatinegara - www.adityafajar.com (c) Aditya Fajar

Semenjak punya anak dan karena lokasinya yang relatif dekat, Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Jatinegara menjadi rumah sakit tujuan keluarga ketika anak saya sakit. Setidaknya kami sudah enam tahun menjadi pelanggan di sana.

Selama enam tahun tersebut, saya sudah menyaksikan banyak perubahan, mulai dari desain interior sampai dengan jenis layanan yang tersedia. Dan dari apa yang saya lihat, rumah sakit ini sepertinya banyak berbenah untuk meningkatkan mutu layanan mereka.

Sebagai pelanggan reguler, saya cukup senang dengan perubahan ini karena menerima layanan dari mereka menjadi lebih mudah.

Meskipun begitu, satu hal yang menurut saya belum terpecahkan adalah soal lamanya waktu tunggu. Bahkan kalau boleh dibilang sekarang terasa lebih lama. Entah apa penyebabnya pastinya. Dugaan saya adalah karena meningkatnya jumlah pasien di sana.

Nah, karena sudah beberapa kali ke sana, istri saya sudah punya teknik persiapan supaya menunggu di sana jadi lebih mudah.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna:

Telepon Sebelumnya

Pastikan Anda menelepon RS sebelum berangkat. Setidaknya sehari sebelumnya jika bukan darurat. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah dokter yang Anda tuju ada jadwal prakteknya.

Jika belum punya dokter langganan, menelepon juga memudahkan Anda untuk mengetahui siapa dokter yang ada pada hari tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk mendaftar supaya ketika datang ke sana, nama anak kita sudah masuk dalam daftar antrian.

Datang Lebih Cepat

Meski Anda sudah mendaftar, tapi RS ini menganut first-come-first-serve basis. Yaitu siapa yang datang duluan dia yang dilayani lebih awal.

Jadi kalau lewat telepon kita dapat antrian nomor 20 tapi datang lebih awal, bisa jadi kita justru dilayani terlebih dahulu.

Logistik

Mengingat lamanya waktu tunggu, logistik juga perlu dipersiapkan dengan baik. Terutama soal makanan. Karena terus terang, harga makanan di sana sudah terlalu mahal. Padahal rasanya boleh dibilang biasa-biasa saja. Tidak sepadan menurut saya dengan harga yang kita bayarkan.

Nah, untuk menghindari belanja makanan yang tidak perlu di sana:

  • Bawa botol minum ukuran besar (atau secukupnya)
  • Bawa bekal makanan termasuk cemilan dan makan utama
  • Bawa termos jika ingin makan mie seduh
  • Masukkan logistik ke dalam tas yang mudah di bawa-bawa. Saya menyarankan untuk menggunakan tas yang ada rodanya.
  • Jika dirasa perlu untuk jajan, pergi keluar RS karena di sekitarnya terdapat warung dan pedagang kaki-lima dengan harga yang lebih masuk akal.

Selain makanan, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Baik untuk anak ataupun kita sendiri. Terutama apabila anak kita kemungkinan akan menjalani rawat inap.

Mainan Anak

Jika dirasa perlu, bawa juga mainan anak atau hal-hal lain yang bisa membuat anak Anda sibuk. Seperti buku gambar, pinsil warna, dan sebagainya. Ini dilakukan untuk menghindari rasa bosan. Karena toh, lebih repot mengurus anak yang bosan dibanding menunggu giliran diperiksa.

Kendaraan

RS Hermina Jatinegara sudah banyak berbenah soal parkir. Sekarang mereka punya lahan parkir yang lebih luas. Tapi ini bukan jaminan bahwa Anda bisa mendapatkan parkir mobil.

Berdasarkan pengalaman, weekend merupakan hari-hari sibuk di sana dan parkir relatif agak susah. Saran saya mengenai ini adalah datang lebih awal atau gunakan taxi reguler/online agar lebih praktis.

Asuransi

Jika Anda menggunakan asuransi, pastikan ketika dalam ruang periksa, dokter dan asistennya sudah menuliskan formulir administrasi dengan lengkap. Karena berdasarkan pengalaman, ketidaklengkapan mengisi formulir bisa menjadi isu ketika membayar dan Anda harus menunggu lebih lama.

Ketidaklengkapan menulis formulir menurut dugaan saya disebabkan oleh banyaknya asuransi yang diterima oleh pihak RS, dan setiap asuransi memiliki formulir yang berbeda-beda. Saya tidak tahu apakah mereka punya formulir yang lebih baku untuk menghindari hal-hal seperti ini.

Pihak RS biasanya menawarkan untuk melengkapi atau membayar tunai. Tapi ingat, jangan pernah mau bayar tunai kalau memang Anda dicover asuransi.

Biarkan saja mereka yang urus kelengkapan administrasinya (biasanya mereka mengirim staff ke dokter yang bersangkutan untuk melengkapi formulirnya).

Selain hal di atas, pastikan juga Anda membawa cukup uang tunai. Jaga-jaga untuk membayar selisih biaya yang tidak tercover oleh asuransi.

Charge Handphone Sampai Penuh

Untuk kenyamanan berkomunikasi, jangan lupa juga untuk men-charge handphone sampai penuh. Karena di sana tidak saya dapati colokan listrik untuk mengisi batre handphone. Saya kurang tahu apakah di layanan eksekutif fasilitas charge handphone disediakan.

Saat ini di ruang tunggu pengambilan obat ada wifi gratis. Tapi saya belum pernah mencobanya. Untuk amannya, pastikan juga paket Internet Anda aktif karena bisa sangat membosankan menunggu di sana.

* * *

Nah, itu beberapa tips yang saya rangkum berdasarkan pengalaman kami selama ini berkunjung ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Jatinegara. Meskipun begitu, pengalaman ini sepertinya berlaku juga untuk RS lainnya. Karena ketika kami mengunjungi RS yang berbeda, kondisi dan prosesnya pun relatif sama.

Semoga tips ini bisa membantu.

Kalau Anda punya tips-tips lainnya ketika berkunjung ke RS, mohon kiranya di share dengan menulis kolom komentar di bawah ya Smile

 

No comments:

Post a Comment