25 July 2017

Bingungnya membeli handphone





















Saya ingin mengganti handphone dan sekarang sedang mencari-cari hape baru. Untuk pemakaian hape itu sendiri saya lebih banyak menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari, social media, nonton, dan baca berita.

Seperti dalam pembelian barang-barang elektronik lainnya, value-for-money sangatlah penting dan dana yang dikeluarkan tidak boleh melebihi 2.5 juta rupiah. Untuk pembayarannya pun saya lebih memilih membayar cash dari pada kredit.

Nah berdasarkan itu semua, saya mulai baca sana baca ini dan tanya ana tanya sini. Ini saya lakukan karena saya merasa tidak akan mendapatkan value for money yang bagus kalau terlalu bersandar pada merek-merek ternama saja. Karenanya saya jadi sangat memperhatikan aspek teknis dan banyak menimang-nimang.

Tapi celakanya ini membuat saja jadi bingung.

Bingung karena begitu banyaknya pilihan dan saya harus benar-benar teliti sebelum memutuskan. Apalagi hape second juga masuk dalam kriteria saya.

Entah sudah berapa jam saya habiskan untuk memilah dan memilih. Cukup melelahkan dan membingungkan. Tapi akhirnya pilihan saya mengerucut pada satu merek saja: Xiaomi.

Nah, untuk modelnya sendiri saya masih menimang-nimang, apakah Note 4x atau Mi 5.

Kalau dilihat dari spesifikasinya, Mi 5 jelas lebih unggul. Tapi setelah membaca banyak review dan komentar, saya mendapatkan kesan bahwa untuk kebutuhan saya, Mi Note 4x sudah mencukupi. Itu pun saya tambah bingung apakah harus memilih SoC Snapdragon atau Helio X20.

Di Mi Note 4x, SoC snapdragon besar RAM-nya 3GB, sedangkan X20 4GB. Bagi saya faktor RAM ini lebih penting dibandingkan storage.

Meski mungkin ada pendapat yang mengatakan bahwa RAM 3GB sudah cukup, tapi saya tetap merasa bahwa ke depannya aplikasi di hape akan membutuhkan RAM yang lebih besar. Dan saya berencana untuk memakai handphone ini setidaknya 2 tahun ke depan.

Kalau saya memilih di RAM 3GB maka pilihan saya tetap diantara dua Mi Note 4x atau Mi 5. Sedangkan kalau melihat ke RAM 4GB, maka pilihan saya mau-tidak-mau ke Mi Note 4x dengan SoC MediaTek.

Saat ini saya masih menimang-nimang dan masih suka bingung. Ternyata membeli hape tidak semudah yang saya kira.

 photo credit: Highways England 09_2013_47 via photopin (license)

Share This:

 

No comments:

Post a Comment